Selasa, 27 Januari 2015

Bauran Pemasaran "Marketing Mix" PT Coca Cola Bottling Indonesia


sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIc4Wgu4bGmQIqtYwzJHfl3Sa0D9tW6o7lqFDyV5h-titSGooPS_k3jpYh0HLY2l2v2T7P2mbMdwnMo0DNt87Eigq2SVIgDJ-KERdj26P86F0gBWxT6_uEoXLavsP7LHncUzPx_BzXP7WU/s320/merk+dagang.jpg

Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P. Metode ini yang dikenal dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Dalam perkembangannya, untuk layanan jasa dikenal juga istilah 7 P dimana 4 P pertama adalah Product, Price, Place, dan Promotion. Untuk 3 P yang selanjutnya adalah Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Process) dan Orang (People). Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.

SEJARAH
Coca Cola pertama kali diperkenalkan oleh John Styth Pemberton di Atlanta, Georgia, AS. John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi membuat syrup karamel yang dijual seharga 5 sen. Secara sengaja atau kebetulan air berkarbonasi bercampur dengan syrup karamel tersebut, kemudian minuman itu diberi nama Coca Cola.
Coca Cola mulai diperdagangkan di Indonesia pada tahun 1932 oleh De Netherlands Indische Mineral Water Fabrik Jakarta di bawah manajemen Bernie Vonings dari Belanda. Setelah Proklamasi Kemerdekaan dan masuknya para pemegang saham dari Indonesia, perusahaan ini berganti nama menjadi Indonesia Beverages Limited (IBL). Tahun 2011 terdapat 11 pabrik pembotolan ( di Semarang, Bandar Lampung, Padang, Ujung Pandang, Medan, Surabaya, Bandung, Bali, Jakarta, Banjarmasin, dan Manado) dan sekitar  9000 karyawan melayani lebih dari 400.000 pelanggan di Nusantara.


http://homekarir.com/uncategorized/lowongan-administrator-pt-coca-cola-amatil-indonesia-2014/

    Produk (Product)
Produk yang dihasilkan oleh PT CCBI meliputi: Coca Cola, Fanta, Sprite, Minute Maid, Ades, Aquarius, Powerade dan Frestea. Berikut gambarannya:
http://coca-colaamatil.co.id/images/header/img-301014052119.jpg
 
Harga (Price)
Harga jual yang ditawarkan di pasar adalah sebagai berikut:
Nama Produk
Harga (Rp)
Nama Produk
Harga (Rp)
Coca Cola botol kecil
4.000
Coca Cola botol 1L
12.000
Frestea botol plastik all varian
5.000
Frestea botol kaca 250 mL all varian
2.500
Coca Cola botol 1,5 L
Frestea karton 250 mL
3.000
Coca Cola can
Sprite can
5.000
Minute Maid all varian
6.000
Sprite
4.000
Ades
2.500
Powerade isotonik
Fanta Royal all varian
4.000
 
Distribusi  (Place)
Saluran distribusi PT CCBI dilakukan oleh PT Coca Cola Distribution Indonesia (PT CCDI). Kemudian oleh PT CCDI disalurkan ke agen-agen pengecer di Sebagian besar wilayah Indonesia. Para agen pengecer itu yang menyalurkan ke warung makan, toko, supermarket, hotel, dll.
 
Promosi (Promotion)
Cara promosi yang dilakukan oleh PT CCBI ada banyak cara, diantaranya iklan TV, iklan radio, media cetak, memasang poster dan banner di depan toko pelanggan atau pinggir jalan, dengan menjadi sponsor acara organisasi, dan internet. Selain itu, PT CCBI juga sering mengadakan acara bersama masyarakat sekitar untuk lebih mengenalkan produknya. PT CCBI menyediakan tempat bagi pelajar yang ingin melakukan kunjungan industri dan magang sebagai sarana belajar disamping promosi juga.
 http://coca-colaamatil.co.id/images/header/2-forklit-020414030124.jpg
 
Promosi (Promotion)
Cara promosi yang dilakukan oleh PT CCBI ada banyak cara, diantaranya iklan TV, iklan radio, media cetak, memasang poster dan banner di depan toko pelanggan atau pinggir jalan, dengan menjadi sponsor acara organisasi, dan internet. Selain itu, PT CCBI juga sering mengadakan acara bersama masyarakat sekitar untuk lebih mengenalkan produknya. PT CCBI menyediakan tempat bagi pelajar yang ingin melakukan kunjungan industri dan magang sebagai sarana belajar disamping promosi juga.  
 
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan di atas yaitu:
a.         Pemasaran merupakan sistem kegiatan usaha yang mencakup perencanaan, penentuan harga, penyaluran produk, dan promosi sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen yang diharapkan dapat memuaskan konsumen.
b.         Bauran pemasaran merupakan perangkat pemasaran yang merupakan kombinasi dari 4 variabel (product, price, place dan promotion) sebagai alat pembentuk karakter produk untuk mendapat tanggapan yang diinginkan dari konsumen.
c.         Penerapan unsur bauran pemasaran PT CCBI:
-        Product      :  terdapat 8 macam produk utama dengan masing-masing sub produk namun tetap terfokus pada produk beverage.
-        Price           :  harga yang ditawarkan oleh PT CCBI masih tegolong terjangkau oleh sebagian besar masyarakat yaitu mulai Rp 2.500,- hingga Rp 20.000,-.
-        Place          :  proses distribusi PT CCBI dilakukan oleh PT CCDI yang kemudian disalurkan ke konsumen individu.
-        Promotion  :  metode promosi PT CCBI dilakukan dengan melibatkan segala media yang mudah dilihat oleh masyarakat.
 
 
 
 


1 komentar:

  1. Jadi ingat buku inside coca cola. Salah satu buku bisnis yang kusuka :)

    BalasHapus