sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIc4Wgu4bGmQIqtYwzJHfl3Sa0D9tW6o7lqFDyV5h-titSGooPS_k3jpYh0HLY2l2v2T7P2mbMdwnMo0DNt87Eigq2SVIgDJ-KERdj26P86F0gBWxT6_uEoXLavsP7LHncUzPx_BzXP7WU/s320/merk+dagang.jpg
SEJARAH
Coca Cola pertama kali
diperkenalkan oleh John Styth Pemberton di Atlanta, Georgia, AS. John Styth
Pemberton, seorang ahli farmasi membuat syrup karamel yang dijual seharga 5
sen. Secara sengaja atau kebetulan air berkarbonasi bercampur dengan syrup
karamel tersebut, kemudian minuman itu diberi nama Coca Cola.
Coca
Cola mulai diperdagangkan di Indonesia pada tahun 1932 oleh De Netherlands
Indische Mineral Water Fabrik Jakarta di bawah manajemen Bernie Vonings dari
Belanda. Setelah Proklamasi Kemerdekaan dan masuknya para pemegang saham dari
Indonesia, perusahaan ini berganti nama menjadi Indonesia Beverages Limited
(IBL). Tahun 2011 terdapat 11 pabrik pembotolan ( di Semarang, Bandar Lampung,
Padang, Ujung Pandang, Medan, Surabaya, Bandung, Bali, Jakarta, Banjarmasin,
dan Manado) dan sekitar 9000 karyawan
melayani lebih dari 400.000 pelanggan di Nusantara.
http://homekarir.com/uncategorized/lowongan-administrator-pt-coca-cola-amatil-indonesia-2014/
Produk yang dihasilkan
oleh PT CCBI meliputi: Coca Cola, Fanta, Sprite, Minute Maid, Ades, Aquarius, Powerade
dan Frestea. Berikut gambarannya:
http://coca-colaamatil.co.id/images/header/img-301014052119.jpg
Harga
(Price)
Harga jual yang ditawarkan di pasar
adalah sebagai berikut:
Nama
Produk
|
Harga
(Rp)
|
Nama
Produk
|
Harga
(Rp)
|
Coca Cola botol kecil
|
4.000
|
Coca Cola botol 1L
|
12.000
|
Frestea botol plastik all varian
|
5.000
|
Frestea botol kaca 250 mL all varian
|
2.500
|
Coca Cola botol 1,5 L
|
|
Frestea karton 250 mL
|
3.000
|
Coca Cola can
Sprite can
|
5.000
|
Minute Maid all varian
|
6.000
|
Sprite
|
4.000
|
Ades
|
2.500
|
Powerade isotonik
|
|
Fanta Royal all varian
|
4.000
|
Distribusi
(Place)
Saluran distribusi PT
CCBI dilakukan oleh PT Coca Cola Distribution Indonesia (PT CCDI). Kemudian
oleh PT CCDI disalurkan ke agen-agen pengecer di Sebagian besar wilayah Indonesia. Para agen
pengecer itu yang menyalurkan ke warung makan, toko, supermarket, hotel, dll.
Promosi (Promotion)
Cara promosi yang
dilakukan oleh PT CCBI ada banyak cara, diantaranya iklan TV, iklan radio,
media cetak, memasang poster dan banner di depan toko pelanggan atau pinggir
jalan, dengan menjadi sponsor acara organisasi, dan internet. Selain itu, PT
CCBI juga sering mengadakan acara bersama masyarakat sekitar untuk lebih
mengenalkan produknya. PT CCBI menyediakan tempat bagi pelajar yang ingin
melakukan kunjungan industri dan magang sebagai sarana belajar disamping
promosi juga.
http://coca-colaamatil.co.id/images/header/2-forklit-020414030124.jpg
Promosi (Promotion)
Cara promosi yang
dilakukan oleh PT CCBI ada banyak cara, diantaranya iklan TV, iklan radio,
media cetak, memasang poster dan banner di depan toko pelanggan atau pinggir
jalan, dengan menjadi sponsor acara organisasi, dan internet. Selain itu, PT
CCBI juga sering mengadakan acara bersama masyarakat sekitar untuk lebih
mengenalkan produknya. PT CCBI menyediakan tempat bagi pelajar yang ingin
melakukan kunjungan industri dan magang sebagai sarana belajar disamping
promosi juga.
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari
penjelasan di atas yaitu:
a.
Pemasaran merupakan sistem kegiatan
usaha yang mencakup perencanaan, penentuan harga, penyaluran produk, dan
promosi sebagai penghubung antara produsen dengan konsumen yang diharapkan
dapat memuaskan konsumen.
b.
Bauran pemasaran merupakan perangkat
pemasaran yang merupakan kombinasi dari 4 variabel (product, price, place dan
promotion) sebagai alat pembentuk karakter produk untuk mendapat tanggapan
yang diinginkan dari konsumen.
c.
Penerapan unsur bauran pemasaran PT
CCBI:
-
Product : terdapat 8 macam produk utama dengan masing-masing
sub produk namun tetap terfokus pada produk beverage.
-
Price : harga yang ditawarkan oleh PT CCBI masih
tegolong terjangkau oleh sebagian besar masyarakat yaitu mulai Rp 2.500,-
hingga Rp 20.000,-.
-
Place : proses distribusi PT CCBI dilakukan oleh PT
CCDI yang kemudian disalurkan ke konsumen individu.
-
Promotion : metode promosi PT CCBI
dilakukan dengan melibatkan segala media yang mudah dilihat oleh masyarakat.
Jadi ingat buku inside coca cola. Salah satu buku bisnis yang kusuka :)
BalasHapus